Anda bisa melihat sesuatu itu sebagai “masalah” atau “kesempatan”, semua tergantung mindset apa yang anda punya dan ingin meraih apa anda dalam hidup

Standard

Dalam bahasa China, kata “危机” bisa di terjemahkan sebagai “bahaya, ancaman, krisis” atau lebih lembut lagi bisa juga diartikan sebagai ‘masalah’, sedangkan terjemahan yang lain dari karakter “ji” bisa menjadi representasi dari sebuah “kesempataan”.

Chinese_word_for_crisis.svg

Jadi dalam filosofi china, mereka melihat “masalah” sebagai sebuah “kesempatan”, itulah salah satu alasan mengapa bangsa china secara umum begitu cepat meraih sukses.

Yeah, masuk akal sih… Pecundang memang cenderung akan berfikir sebaliknya, melihat masalah sebagai alasan untuk tidak berbuat apa-apa, mengeluh terus-terusan dan mencari kambing hitam daripada berusaha berfikir untuk setidaknya supaya bisa menemukan sebuah ide sebagai cikal bakal solusi masalah yang dihadapi.
Akankah ide itu merupakan ide yang hebat dan menghasilkan hal hebat juga atau tidak, itu bukanlah yang hal yang paling menentukan. Pola pikir yang berorientasi positif setidaknya akan memberikan orang tersebut sebuah titik awal untuk memulai perjalanan menuju penyelesaian masalah, menuju keberhasilan. Sementara itu jika ada kesalahan-kesalahan yang muncul ketika menerapkan ide tersebut, kan itu bisa selalu dikoreksi sambil jalan. Dan selama itu pasti akan muncul ide-ide baru lagi yang menyesuaikan dengan perkembangan situasi..learning during process will always go on.
Tapi dilain pihak, orang-orang yang terlalu takut akan perubahan dan hanya ingin menghindari problem daripada berusaha menghadapinya, mereka ini takkan pernah memiliki awal untuk apapun. Dan orang seperti ini jelas tak akan pernah maju selangkahpun.
Untuk bisa mendapatkan kemajuan dan menggapaai “Finish”, setidaknya anda harus melangkah setapak dulu.

Hmmmm… lebih suka menjadi tipe yang manakah kita 😉 ?

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s